Warna Cat Pintu Yang Baik Menurut Feng Shui

Bagaimana Anda memilih warna cat untuk pintu masuk utama ke rumah? Lebih berdasarkan selera atau menyesuaikannya dengan warna dinding atau desain rumah? Ternyata menurut feng shui ada aturan yang mengatur pemilihan warna berdasarkan arah mata angin, loh!

Ya, pintu masuk dianggap sebagai salah satu elemen yang sangat penting dalam feng shui karena pintu masuk dianggap sebagai mulut Chi – dimana rumah menerima asupan energi dari luar ke dalam ruangan.


Kualitas energi Chi itu sendiri ditentukan dari kualitas energi di dalam rumah Anda. Dalam ilmu feng shui klasik, pilihan warna cat pintu ditentukan dari arah mata angin kemana pintu depan menghadap dan berkaitan pula dengan elemen feng shui terkait. Simak penjabarannya berikut ini:

  • Warna Feng Shui Pintu Menghadap Timur.
    Elemen feng shui untuk area timur adalah kayu, jadi jika pintu utama Anda menghadap arah Timur, pilihan terbaik adalah warna yang berkaitan dengan elemen kayu, seperti hijau dan cokelat. Bila kedua warna tersebut tidak sesuai dengan warna fasad eksterior rumah, maka lima warna elemen feng shui lain bisa menjadi alternatif pilihan.

  • Warna Terbaik untuk Pintu Menghadap Tenggara.
    Pilihan warna untuk pintu depan yang menghadap tenggara hampir sama dengan yang menghadap timur karena mereka sama-sama memiliki elemen warna kayu. Jadi warna hijau dan biru adalah warna pilihan terbaik.

    Meski demikian, karena arah tenggara terkait dengan energi kekayaan dan kesejahteraan maka pilihan warna alternatif yang bisa Anda pilih adalah biru, hitam, kuning terang, dan warna-warna elemen tanah lainnya.

  • Warna Pilihan untuk Pintu Menghadap Selatan.
    Selatan adalah satu-satunya arah mata angin yang memiliki elemen feng shui api, jadi warna pilihan terbaik untuk pintu yang menghadap ke selatan adalah warna merah. Warna elemen api lain yang juga bagus untuk pintu Selatan adalah kuning, ungu, oranye, dan merah jambu terang atau magenta.

  • Warna Terbaik untuk Pintu Menghadap Barat Daya.
    Energi feng shui yang terkait dengan pintu menghadap barat daya adalah energi cinta dan pernikahan. Jadi warna yang elemen yang sesuai adalah elemen tanah dengan pilihan warna yang netral seperti krem, hitam, dan cokelat.

  • Warna untuk Pintu Menghadap Barat.
    Pilihan warna terbaik untuk pintu menghadap Barat adalah warna-warni dari elemen feng shui logam. Sebagai contoh warna putih dan abu-abu. Sementara pilihan alternatifnya ialah warna dari elemen tanah.

  • Pilihan Warna untuk Pintu Hadap Barat Laut.
    Pintu menghadap barat laut punya pilihan warna cat yang sama dengan pintu menghadap barat karena keduanya punya elemen feng shui yang sama. Meski demikian, karena arah mata angin barat daya terkait dengan orang-orang yang senang membantu maka sebaiknya Anda memberi perhatian untuk pemilihan warnanya.

  • Warna Terbaik untuk Pintu Hadap Utara.
    Utara adalah arah mata angin satu-satunya yang memiliki elemen feng shui air. Elemen ini memiliki pilihan warna seperti hitam dan biru. Jika keduanya tidak sesuai dengan eksterior rumah, Anda bisa pilih warna dari elemen logam.

  • Warna Terbaik untuk Pintu Hadap Timur Laut.
    Pintu yang menghadap timur laut membuka energi pengembangan dan pemeliharaan spiritual yang terkait dengan elemen tanah. Selain warna-warni tanah, Anda juga bisa menggunakan warna dari elemen api sebagai alternatif.

Bagaimana menurut anda gays, bisa anda pilih pilihan anda. Ini hanya saran dari Feng Shui. Mudah mudahan ini dapat bermanfaar bagi kalian semua.

Sumber Rumah.com ( Isnaini Khoirunisa )

Komentar